26 August 2008

Faith

Cause I live by faith and not by sight...

Inilah hidup gua sesungguhnya: hidup dengan iman, dan bukan dengan penglihatan.

Sebagai contoh aja. Sebulan yang lalu gua kehilangan paspor gua. Paspor man!!! Satu-satunya identitas yang lu punya di negeri orang. Satu-satunya hal yang bisa ngebuktiin lu orang Indonesia. Dan itu hilang. Gak main-main. Gawat man.

Tapi, entah kenapa, gua yakin aja, kalo paspor gua itu gak kemana-mana, ada dan aman di suatu tempat. Gua udah cek di seluruh sudut kamar gua, dan hasilnya gak ada. Gua cek lagi kamar gua, dan masih gak ada. Gua minta bantuan temen gua buat nyariin paspor gua, dan mereka berkesimpulan hal yang sama, paspor gua ilang. Terus tante gua juga datang, bantuin nyari paspor gua. Dan hasilnya, tetep aja, gak ada.

Secara otak gua, gua udah pasrah, berserah. Terima nasib paspor gua ilang, musti bikin baru. Tapi entah kenapa, dalam hati gua, gua masih meyakini kalo paspor gua gak ilang. Paspor gua aman di suatu tempat.

Sepuluh hari kemudian, gua inget banget itu hari Rabu. Hari Jumat sebelumnya gua udah bikin laporan ke polisi. Bayangin, di Indo, gua gak pernah masuk kantor polisi. Di Singapur, di negeri orang, gua pertama kali masuk kantor polisi...

Terus hari seninnya, gua kirim email ke KBRI Singapura, tanya proses pembuatan paspor baru, syarat yang diperlukan, dan biayanya. Hari Rabu agak siang, jam 11, gua di sms sama senior gua. Vincent namanya. Dia ngajakin ke KBRI hari Kamis besokkannya. Buat bikin paspor baru. Gua bilang oke. Jam 1, gua cek email, ada email masuk. Dari bagian mahasiswa gitu lah. Biasanya sih pengumuman gak penting. Tapi kali ini, penting banget. Kenapa? Karena paspor gua yang hilang telah ditemukan kembali. Gila man. Dahsyat banget. Tuh email masuk tepat waktu banget. Pas gua cek jamnya, sms dari Vincent masuk jam 11.21, email masuk jam 11.35. Cuma 14 menit. Gua gak bisa bayangin kalo tuh email gak ada, gua bisa punya paspor 2. Gak tau bakal jadi kaya apa.

Dahsyat. Dahsyat banget.

Gua rasa itu yang disebut iman. Bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Gua cuma bisa imanin dan percayain bahwa Tuhan gua dahsyat, Dia gak pernah telat, selalu tepat waktu.

No comments: